Sharing Session ke-9 oleh Dosen dan Alumni Arsitektur tentang BIM

  • 30 September 2024
  • 05:52 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kegiatan ilmiah rutin bulanan dilakukan oleh prodi arsitektur bersama. Pada kali ini, prodi arsitektur mengangkat topik BIM sebagai inovasi dan efisiensi. Pada kali ini, program studi Arsitektur bekerjasama dengan Komunitas Green Community yang anggotanya terdiri dari mahasiswa Aristektur UIN Alauddin dan Alumni.


Kegiatan diskusi rutin sering dilakukan diluar kampus. Hal itu itu untuk antisipasi kepadatan waktu kuliah mahasiswa dan waktu mengajar para dosen. Program kajian ilmiah seperti itu harus selalu didukung untuk mendapatkan ide-ide cemerlang dan gagasan pengembangan prodi melalui masukan dari mahasiswa, alumni, dan stakehoder.


Dalam kesempatan diskusi ilmiah, telah memberikan sharing sessionnya yaitu Ar. Raim Yusraihullah, IAI sebagai praktisi yang konsen dalam penerapan BIM untuk perancangan. Ia juga ketua komunitas Revit di sulsel. Oleh karena itu, Raim memberikan materi terkait pengguna platform revit sebagai produk dari Autodesk. Selain itu, Raim merupakan Alumni Arsitektur UIN Alauddin Makassar. 


Sedangkan pemateri kedua adalah Dr. Ar. Moh. Sutrisno, S.T., M.Sc., IAI. Platform yang digunakan Sutrisno adalah Archicad. Graphisoft merupakan perusahaan yang memproduksi software Archicad. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Archicad merupakan pelopor software BIM.