Mahasiswa Arsitektur dan Fisika FST UIN Alauddin mendapatkan Juara 1 Lomba desain alat Penyaring Udara

  • 01 Mei 2024
  • 04:07 WITA
  • Administrator
  • Berita

Desi Puspitasari merupakan mahasiswi Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar. Ia bersama temannya dari fakultas yang sama bernama Tri Gunawan Musa dari Fisika Murni meraih Juara 1 Lomba Desain Alat Pembersih Udara. Kolaborasi kedua mahasiswa FST tersebut mampu mengungguli peserta dari Unhas yang berada di posisi Juara 2 dan 3.

Pada saat diwawancarai, Desi menegaskan bahwa ia mendapatkan info lomba tersebut dari Instagram yang lombanya diselenggarakan oleh Teknik Lingkungan Unhas. Desi mendapatkan Jobdesk sebagai anggota tim yang mendesain alat dan membuat skematik konsep, gambar tampak, dan Potongan.

Alat yang didesain adalah alat penyaring Udara Fibervoltaic Purifier dengan memanfaatkan Nanofiber dan Fotokatalik TIO2. Alat tersebut sebagai penyaring udara berbasis Renewable Energy yang dapat menyaring udara setara dengan delapan pohon beringin.

Sebagai mahasiswa arsitektur semester 6, Desi menggunakan kemampuannya dalam mendesain dan menggunakan teknologi digital dengan tools Autocad dan Sketchup. Ia Bersama TIM mengumpulkan karya sebanyak 35 Halaman A4.

Prestasi yang diraihnya menjadi kebanggaan program Studi arsitektur. Hal ini menjadi preseden bagi mahasiswa lainnya untuk terus berkarya dan berkompetisi di lingkup nasional maupun internasional. Pengelola program studi berkomitmen akan mewadahi pengembangan minat dan bakat mahasiswa dalam sebuah unit pengembangan minat dan bakat Program Studi. Hal itu itu untuk mewadahi spirit mahasiswa dalam mengikuti sayembara maupun lomba-lomba.