Dosen dan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Pengabdian Kepada Masyarakat di Pesantren Matahari, Moncongloe Kab. Maros

  • 11 Oktober 2024
  • 04:32 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pondok Pesantren merupakan salah satu tempat yang relevan untuk tempat pengabdian kampus Universitas Islam. Hal itulah yang menjadi dasar sehingga beberapa dosen arsitektur UIN Alauddin beserta mahasiswanya melakukan pengabdian di Pondok Pesantren Matahari. pada kegiatan tersebut dirangkaian dengan kegiatan kuliah lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mengampu kuliah asas dan studio perancangan dengan topik arsitektur bermassa majemuk. Dalam kegiatan hadir 4 dosen arsitektur dari kelompok keilmuan yang berbeda.


Output dari program pengabdian adalah Masterplan Pesantren Matahari. Dalam proses wawancara, telah diporelah banyak informasi sebagai data awal untuk dikembangkan dalam analisis Focus Group Discussion yang rencananya akan dilaksanakan secara online dengan platform zoom. Pondok pesantren memiliki tingkatan Pendidikan formal yaitu mulai dari SD, SMP, dan SMA. data lapangan menunjukkan bahwa lokasi pesantren sangat strategis untuk fungsi Pendidikan.


Selain Pesantren Matahari, terdapat juga terdapat 3 fungsi Pendidikan lainnya yang sejenis. Untuk mendapatkan kesesuaian pondok pesantren dengan RTRW Kabupaten Maros, maka perlu ada singkronisasi data lapangan dengan data regulasi yang telah dibuat oleh pemerintah setempat. Fasillitas lain yang telah memberikan Hibah adalah fasilitas sistem informatika dari dinas setempat. Bangunan telah ada di lingkungan tapak pesatren. Potensi lain yang perlu dikembangkan adalah hutan bambu sebagai bagian dari lansekap alami. View pesantren matahari sangat baik apada arah barat dan langsung mengadap waduk Nipa-nipa.