Dosen Prodi Arsitektur FST UIN Alauddin Makassar mengikuti Konferensi di Swedia

  • 01 Mei 2024
  • 04:40 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pekan terakhir April 2024, Dosen Prodi Arsitektur bernama Ir. Mutmainnah, S.T., M.T mengikuti Konferensi di Swedia. Twan van Hooff sebagai partner risetnya dari Eindhoven, Belanda juga hadir dalam Konferensi tersebut.

Ibu Mutmainnah memaparkan hasil penelitiannya tentang Pendinginan malam hari di gedung Zona Tunggal dengan menggabungkan langit-langit berlubang dan ventilasi Loteng. Ia menggunakan model analisis CFD.

Studi itu menunjukkan bahwa keberadaan plafon berlubang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembuangan panas di Zona yang ditempati, hal itu dibuktikan dengan adanya penurunan suhu udara ruangan.

Hj. Mutmainnah pada saat ini tercatat sebagai mahasiswa PhD di Unit Fisika Bangunan di Departemen Built Environment, Eindhoven University of Technology. Ia didanai oleh Kementerian Agama Indonesia (Kemenag) dengan Hibah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. 4412, 2017. Ia juga bermitra dengan ANSYS CFD. Pekerjaan penelitiannya juga didukung oleh Koperasi SURF (Grant no. EINF-432 dan EINF-3256).