Konferensi Internasional Genius Loci Chapter Two 2019

  • 24 September 2019
  • 12:50 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar , bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Puslitbangkim Kemenpupera), Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan, dan Mowilex  dalam Konferensi Internasional di Swiss-Belinn Panakkukang Makassar (Rabu-Kamis/ 28 – 29 Agustus 2019).

Konferensi Internasional Genius Loci II, menjadi Seminar Internasional Kedua yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar, dimana sebelumnya Genius Loci I telah sukses digelar pada tahun 2013. Sebagai bentuk kepedulian yang tinggi bagi Komunitas, Kelokalan dan Lingkungan, serta untuk berkontribusi menemukan solusi mitigasi bencana dalam kerangka kearifan local.

Konferensi Internasional ini memiliki tema “Social Construction of Disaster Mitigation Design : The Community, Locality and Environment Responses”. Mengangkat beberapa issu antara lain:  Bagaimana mengejawantahkan nilai-nilai kearifan local dalam desain dan kolaborasinya dengan pemanfaatan  teknologi dalam mitigasi bencana, Bagaimana mengarusutamakan budaya mitigasi sebagai pendidikan untuk komunitas seluas-luasnya, Bagaimana konteks konstruksi sosial dan dampak desain mitigasi bencana, kaitannya dengan tingkat kualitas hidup masyarakat, Bagaimana kebijakan dan respon pemerintah serta institusi Negara lainnya terkait mitigasi bencana dari saat Pra Bencana, Saat Bencana terjadi dan Pasca Bencan, dan Bagaimana mitigasi bencana secara khusus tinjauannya dalam perspektif keislaman.

Konferensi Internasional Genius Loci Chapter Two 2019 ini menghadirkan narasumber-narasumber yang mumpuni di bidangnya baik dari dalam dan luar negeri, yaitu Prof. Florence Rudolf, Ph.D (The INSA Strasbourg University, French), Prof. Andrew Charleson, Ph.D (The Victoria University Wellington, New Zealand), Prof.Dr. Nangkula Utaberta, M.Arch, IAI (Research and Development Centre Linton University College & Research Fellow, Halal Product Research Institute University Putra Malaysia), Prof.Dr. Yandi Andri Yatmo, Ph.D, IAI (University of Indonesia), Prof.Dr.Ir.Josef Prijotomo, M.Arch (Institut Teknologi Surabaya), dan Yu Sing (Indonesian National Architect).

Konferensi Internasional Genius Loci Chapter Two 2019 ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis MA PhD. Sasaran pelaksanaan kegiatan ini adalah seluruh pemangku kepentingan pada lapisan masyarakat, terutama para civitas akademik dari seluruh penjuru dunia, terutama di wilayah Asia Tenggara, Pemerintah Republik Indonesia, terutama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan hingga ke level Kecamatan di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, serta pengelola pembangunan yaitu para Birokrat, Legislator, Praktisi Arsitektur, Konsultan, Kontraktor, dan masyarakat umum lainnya.