Webinar Bedah Buku Arsitektur

  • 29 Juli 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Jurusan Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar, Universitas Kristen Petra, Universitas Hasanuddin dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bekerjasama melaksanakan kegiatan Webinar Bedah Buku melalui Zoom (Senin, 27 Juli 2020).

Buku yang akan dikupas berjudul “Jati Diri Arsitektur Indonesia: Regionalisme Dalam Konsep Bhinneka Tunggal Ika”. Narasumber dari kegiatan ini adalah Dr. Ir. Maria Immaculata Hidayatun, M.A. Beliau merupakan penulis buku tersebut dan Dosen Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Petra. Selain itu, kegiatan ini menghadirkan Prof. Wasilah Sahabuddin (Guru Besar Jurusan Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar) dan Dr. Mohammad. Mochsen Sir., ST., M.Sc (Dosen Departemen Arsitektur Universitas Hasanuddin), sebagai Pengulas.

Bedah Buku berlangsung selama 2 jam, dari jam 10:00 sampai dengan jam 12:00 WITA. Dipandu oleh moderator Dr. Moh. Sutrisno, ST., M.Sc (Dosen Jurusan Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar).

Latar belakan kegiatan ini bahwa sebagai sebuah gejala Regionalisme Arsitektur sangat berpengaruh terhadap perkembangan arsitektur dunia demikian juga di Indonesia. Gelombang baru itu selayaknya dikaji lebih mendalam karena bagi para arsitek Indonesia, baik yang berpraktek sebagai desainer maupun para akademisi dan mahasiswa arsitektur, regionalisme ini menjadi penting mengingat masalah-masalah tentang globalisasi, internasionalisasi dan universialisasi mempunyai dampak yang besar terhadap arsitektur dan meraksasanya kota-kota kita. Indonesia yang sejak dahulu menjadi persinggahan dan persilangan budaya dunia, regionalisme yang peka terhadap kecerdasan lokal, yang akan menjadi landasan perkembangan arsitektur mendatang, amat dibutuhkan sebagai acuan teori dasar yang berkesesuaian.