Sosialisasi Building Information Modeling (BIM)

  • 12 Maret 2019
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar gelar sosialisasi Building Information Modeling (BIM) bertempat di Lecture Theatre (LT) FST. Selasa (3/12/2019)

 Pelatihan ini baru pertama kali dilakukan oleh HMJ Teknik Arsitektur, karena BIM sendiri merupakan mata kuliah baru di Teknik Arsitektur UIN Alauddin Makassar dan UIN Alauddin Makassar. Pemateri yang dihadirkan dari PT Wisata Karya, Jakarta yakni M As'ad dan Evan Agung.

Pada pelatihannya, Evan mengatakan bahwa BIM berbeda-beda tingkatannya dan tugasnya. "BIM ada tingkatannya seperti 3G, 4G, 5G, 6G, 7G. Dan memiliki tugas masing -masing", tuturnya

 Menurut ketua HMJ Teknik Arsitektur Arial Syarif, "BIM merupakan teknologi yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan. BIM dapat dikatakan salah satu teknologi di bidang AEC (Arsitektur, Engineering dan Construction) yang mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek pembangunan ke dalam model 3 dimensi", jelasnya.

 Arial Syarif juga menambahkan pentingnya Sosialisasi BIM yang dapat berguna untuk masa depan. "Kita adakan sosialisasi BIM karena BIM akan menjadi aplikasi masa depan bagi para engineering. Jadi kami ambil langkah awal untuk memperkenalkan ke teman-teman mahasiswa Se-Sulsel", tutupnya.